Sunday, April 29, 2012

5 Alasan memilih Google Drive

Sudahkah anda mempunyai layanan cloud di internet?
jika memang belum punya, silahkah anda coba cloud satu ini dari google.
Google Drive merupakan jawaban dari semua pertanyaan dan penantian yang lama dari semua orang yang memang telah menantikan apa yang telah dijanjikan google di tahun-tahun lalu. Kini layanan ini telah hadir, dan apa yang membedakannya dengan semua kompetitor yang telah lebih lama hadir, seperti Dropbox, Box.net, SugarSync and Microsoft’s SkyDrive, iCloud. google memberikan layanan dengan awal gratis 5GB dan mampu ditambah dengan harga yang lebih layak mulai dari 25GB sampai 1TB.

Nah ini dia 5 keunggulan google drive yang mengharuskan kita melirik google drive daripada yang lainnya.

1. Penyimpanan Data gratis 5GB.
Kita di berikan 5GB penyimpanan gratis, yang jauh lebih besar dari kompetitornya dropbox. Privasi kita juga sangat terjaga, tak akan ada engine yang akan mampu meng-crawling data anda. selain itu kita juga tidak akan terganggu dengan yang namanya iklan-iklan yang sangat merusak pandangan. diluar dari semua itu, dropbox mungkin memang layanan cloud yang paling populer saat ini, tapi dengan free storage hanya 2GB mungkin dropbox akan mulai berpikir demi tak tersalip oleh google drive ini. layanan singkronisasi nya pun bisa dibilang sama, tapi google mampu mengintegrasi dengan lebih baik dan lebih cepat dalam membuat file dan folder tanpa harus login dahulu, tapi jika anda dan teman atau keluarga anda sama-sama pengguna google memang anda lebih baik login untuk saling berbagi :D

2. Menggantikan Google Docs,
Jika dulu anda telah memiliki layanan Google Docs, maka kini jika anda telah mendaftar google drive google docs anda akan hilang, tetapi jangan khawatir karena folder document anda sebenarnya tidak hilang, tetapi digabungkan satu dalam folder document yang ada di dalam google drive anda. klik shortcut google docs yang anda buat dulu dan anda akan langsung dilemparkan ke akun google drive anda.

3. satu kata : pencarian
Bagaiamanapun google bisa dibilang sebagai pihak paling ahli dalam bidang ini, di fasilitas ini kita akan diberikan kemudahan dalam mencari file kita yang sangat banyak dengan sangat teliti, bahkan bisa lebih dari sekedar judul yang kita cari, karena google telah menerapkan optical character recognition (OCR) yang memungkinkan teks terbaca walaupun teks itu didalam sebuah document bukan judul dari dokument tersebut, dan yang lebih canggih lagi, google mengklaim mampu mencocokan foto yang tidak disebutkan nama title nya tetapi google mencocokkan dengan gambar photo yang ada, walaupun untuk fasilitas ini bisa dibilang masih dalam beberapa kondisi.

4. Kecepatan
Tidak ada fasilitas penyimpanan yang mampu melakukan sinkronisasi cepat pada saat ini, tapi walaupun demikian google berusaha lebih cepat dari kompetitor lainnya, sebuah percobaan sinkronisasi kumpulan photo dengan file sebesar 12MB membutuhkan waktu sekitar 2 menit untuk sinkronisasi ke google drive, dan dengan file yang sama dropbox mampu melakukan itu dengan 3menit lebih. hal ini membuat google satu langkah lagi lebih unggul dari yang lain, selain itu google telah membuat aplikasinya untuk windows mac dan android, untuk iphone dan ipad memang belum ada tapi google menjanjikan aplikasinya akan datang secepatnya. dengan aplikasi singkronisasi berbagai device itu kita akan lebih mudah dalam melakukan singkronisasi data-data kita dimana saja kapan saja untuk siapa saja.

5. Tidak harus memilih
Ya kita tidak perlu memilih lagi, semua sudah jelas dengan free storage 5GB dan tanpa iklan dengan fasilitas unggulan tunggu apalagi, Dunia ini semakin mudah, dan semakin mudah lagi kita bisa membawa file kita kemana saja tanpa takut kehilangan data kita yang ada di laptop karena kecemplung air atau jatuh dan rusak, semua ini di sediakan gratis, walaupun mungkin bagi anda yang memiliki sebuah perusahaan dan perlu untuk berbagi dengan anak buah anda mungkin 5GB masih kurang tetapi tenang saja karena google juga tidak akan merampok kita untuk menambakan storage lebih di google drive kita.



1 komentar:

insanur rochman said...

google emang bagus, insyaallah bermanfaat

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More